Share artikel ini:


Kosovo adalah sebuah negara yang terletak di sebelah tenggara Eropa dengan ibu kota bernama Pristina. 92% penduduk Kosovo merupakan etnis Albania, sementara 8% sisanya adalah etnis Serbia, Bosnia, Turki, dan Romani. Dahulu Kosovo merupakan bagian dari Serbia, dan setelah merdeka, bentuk pemerintahannya adalah republik parlementer.

Baru-baru ini, Kosovo dilirik sebagai salah satu destinasi wisata ramah muslim. Apa yang membuat negara ini menarik bagi wisatawan muslim? Untuk informasi lebih lanjut, mari telusuri fakta-fakta unik Kosovo bersama halallife.id!

Kosovo Berusia 16 Tahun

Kosovo memiliki perjalanan kemerdekaan yang panjang. Pengakuan kemerdekaan Kosovo merupakan salah satu alasan utamanya.

Faktanya, Republik Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya secara de facto pada 17 Februari 2008. Hingga saat ini, usia Kosovo baru mencapai 16 tahun, menjadikannya negara termuda di Benua Eropa.

Napak Tilas Negara Terkuat di Dunia

Pada masa Perang Dunia I, Kesultanan Utsmaniyah dikenal sebagai penakluk wilayah yang handal sehingga menjadi satu-satunya negara dengan wilayah lintas benua. Berdasarkan sejarah, Utsmaniyah memenangkan banyak pertempuran di wilayah Eropa, termasuk di bagian timur Kosovo, yang menjadi titik pecahnya Pertempuran Kosovo pada tahun 1389. Pertempuran ini melibatkan pasukan Serbia dan Kesultanan Utsmaniyah. Kosovo juga tercatat dalam sejarah penghapusan sistem kekhalifahan dan Perang Salib.

Negara Multi Bahasa

Secara resmi, Republik Kosovo menggunakan dua bahasa, yaitu Albania dan Serbia. Namun, dalam keseharian, penduduk Kosovo juga memakai bahasa Bosnia, Turki, Romani, Kroasia, Inggris, dan bahasa Eropa lainnya untuk berkomunikasi.

Negara Sekuler dengan Penduduk 95,6% Muslim

Republik Kosovo tidak memihak agama apa pun dan menjamin kebebasan beragama, termasuk kesetaraan kebebasan bagi ateisme.

Berdasarkan sensus tahun 2011, mayoritas penduduk Kosovo adalah 95,6% muslim (kebanyakan Sunni, tetapi Syiah juga ada). Sisanya, 4,4%, tercatat sebagai pemeluk agama Kristen Ortodoks, Katolik Roma, ateis, dan lain-lain.

Memiliki 2 Mata Uang

Tidak hanya bahasa, mata uang di Kosovo juga lebih dari satu. Sebelum merdeka, Kosovo menggunakan mata uang dinar Serbia untuk bertransaksi. Oleh karena itu, Kosovo dikenal sebagai negara yang tidak memiliki mata uang sendiri. Setelah merdeka pada tahun 2008, Kosovo menetapkan euro sebagai mata uang resmi untuk bertransaksi sehari-hari.

Namun demikian, dinar Serbia sempat digunakan untuk transaksi jual-beli oleh etnis tertentu hingga Januari 2024, ketika pemerintah Kosovo resmi melarang penggunaan mata uang dinar untuk transaksi.

Penghasil Keju Asin

Sarma, makanan khas Turki, masuk ke dalam jajaran makanan tradisional Kosovo mengingat sejarahnya yang tidak lepas dari sejarah Bangsa Turki. Namun demikian, Kosovo dikenal sebagai penghasil keju asin yang disebut Djath Sharri atau Sarski Sir. Keju asin Kosovo terbuat dari susu domba dan sapi. Warna keju asin putih kekuningan dan beraroma daun adas segar yang khas.

Keju asin diproduksi dalam dua jenis, yaitu padat (tradisional) dan lunak. Kemasan keju asin bisa berupa ember kayu atau plastik. Biasanya keju asin disantap dengan roti, salad, atau ditambahkan ke dalam pai.

Dikelilingi Dataran Tinggi yang Indah

Kosovo memiliki wilayah perbatasan dengan pegunungan yang tinggi. Pegunungan Hajla dengan ketinggian 2.403 meter terletak di antara Kosovo dan Montenegro.

Runolist (Leontopodium Alpinum) atau dikenal sebagai Karst Belut dan Rumput Belut Gunung ini bentuknya menyerupai cakar macan dan berwarna putih. Orang lokal sering menyebutnya sebagai edelweiss.

Walau tergolong sebagai rumput dan kecil, tanaman ini merupakan tanaman paling kuat di muka bumi karena mampu bertahan lebih dari 1.000 tahun dan hidup di semua musim. Runolist termasuk salah satu jenis tanaman yang dilindungi di Benua Eropa.

Pegunungan Peskovi, atau biasa disebut Pegunungan Sar, membentang di antara Makedonia dan Kosovo dengan 30 puncak yang memiliki ketinggian 2.500 meter.

Padang bunga di Peskovi tidak kalah menarik dari padang bunga di gunung lainnya. Hutan cemara di Pegunungan ini juga indah, ditambah lagi keberadaan danau di puncak gunung.

Pegunungan yang ada di antara Kosovo dan Albania adalah Pegunungan Maja E Kallabakut yang ketinggiannya mencapai 2.174 meter. Gunung ini memiliki danau kecil dan taman bunga yang indah saat musim semi.

Maja E Kallabakut merupakan rumah bagi Suku Gorani (suku dengan bahasa daerah minoritas) dan Air Terjun Mirusha yang ketinggiannya mencapai 22 meter. Maja E Kallabakut juga terkenal dengan padang rumputnya yang membentang indah di sepanjang sisi.

Rumah Bagi Masjid-Masjid Bersejarah

Mengingat sejarahnya yang dekat dengan eksistensi Ottoman dan dihuni mayoritas muslim, Kosovo memiliki banyak peninggalan masjid dengan gaya arsitektur klasik Islam-Kosovar dengan sentuhan Byzantine dan Timur Tengah.

Salah satunya adalah masjid berusia lebih dari 500 tahun di Gjakova, yaitu Masjid Xhamia E Hadumit atau Masjid Hadum yang dikenal dengan interiornya yang mewah.

Di Kota Pristina terdapat Masjid Kekaisaran Ottoman yang dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Mehmet II Fatih. Masjid ini sangat megah dan dipenuhi dengan hiasan mosaik yang indah.

***

Kosovo ternyata memiliki banyak daya tarik yang menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki sejarah Kekaisaran Ottoman dan menjadi saksi bisu Perang Salib, Kosovo merupakan negara dengan ragam budaya, suku, bahasa, dan pegunungan yang indah. Jangan lupa memasukkan Kosovo dalam daftar kunjungan Sobat Halal, ya!

Vin S
“If you wait for inspiration to write you’re not a writer, you’re a waiter.” ~ Dan Poynter
Berikan bintang kamu untuk Kosovo
[Total: 3 Rata-rata: 5]



Berlangganan
Beritahu tentang
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar